Internet Marketing adalah salah satu ilmu yang wajib dikuasai oleh para Marketer atau Wirausahawan jika tidak ingin bisnis atau usaha yang mereka jalankan kandas di tengah jalan. Ketergantungan masyarakat kepada internet (khususnya media sosial) seharusnya bisa membuka peluang baru bagi para wirausahawan untuk melebarkan sayap bisnis demi meraih pelanggan yang jauh lebih luas.
Masalah lain yang muncul, khususnya yang dialami oleh para Internet Marketers pemula adalah :
- Bingung menentukan produk
- Tidak tahu cara riset persaingan
- Tidak mengerti dimana harus promosi
- Teknik menguasai teknik promosi yang tepat
Keempat masalah tersebut yang sering kali dihadapi untuk para pemula yang ingin terjun ke dalam dunia Intenet Marketing. Dan beruntunglah Anda, karena di artikel ini saya akan mencoba membantu Anda untuk menyelesaikan keempat masalah tersebut.
Riset Produk
Hal pertama yang mutlak dilakukan oleh para internet marketers adalah melakukan riset produk. Riset produk disini meliputi Jumlah Pencari Produk dan Trend Produk.
Jadi usahakan kita memilih produk dengan jumlah pencarian (peminat) yang banyak, dan yang tak kalah penting lainnya adalah pelajari juga Trend dari produk tersebut apakah diprediksi akan naik atau turun (ini penting untuk masa depan bisns anda).
Untuk melakukan riset produk, kita bisa menggunakan tool ampuh yang disediakan secara gratis oleh Google, dan tool yang saya maksud tersebut adalah Gogle Keyword Planner.
Dengan tool online tersebut, kita bisa melakukan kedua hal yang saya sebutkan diatas, dari mulai melihat jumlah pencarian produk per bulan, sampai dengan mengamati trend produk tersebut.
Jika Anda masih bingung bagaimana cara menggunakan Google Keyword Plannerm, silahkan ikuti caranya di bawah ini.
Log in dengan akun Google Mail Anda, jika baru pertama kali, maka Anda akan diminta untuk memilih Negara dan jenis mata uang, silahkan pilih Indonesia untuk negara, dan IDR untuk mata uang.
Pada kolom 'your product or service' silahkan masukkan jenis produk yang ingin kita lihat jumlah pencariannya. Dan pada kolom targeting isikan Indonesia. Setelah itu klik Get Ideas.
Klik keyword ideas
Untuk melihat jumlah pencarian produk per bulan, dan juga trendnya, silahkan Anda klik keyword ideas (sebelahnya ad group ideas). Maka akan terlihat data seperti gambar diatas, yang menunjukkan jumlah pencarian per bulan dan juga trend produk tersebut dari waktu ke waktu.
Riset Persaingan
Setelah melakukan riset produk, dan kita mendapatkan produk yang tepat. Maka kini saatnya kita mencari tahu jumlah persaingan dari produk tersebut, apakah ringan, sedang atau berat. Caranya adalah dengan menggunakan Google Search.
Oke, kita langsung saja praktek.
- Pertama silahkan Anda buka https://www.google.co.id
Masukkan kata kunci produk kita tadi ke kolom pencarian lalu klik Search. - Tambahkan &start=990 pada kolom url
Perhatikan gambar diatas agar lebih jelas, fungsi &start=990 disini adalah untuk melihat jumlah persaingan yang sebenarnya, maka akan terlihat gambar seperti dibawah ini.
Jadi akan terlihat jumlah persaingan untuk kata kunci produk 'baju korea' adalah 225 Situs. Dan untuk menentukan tingkat persaingan kita bisa menggunakan patokan berikut ini.
< 100 = Mudah
101 - 200 = Sedang
> 200 = Susah
Itu artinya kata kunci 'baju korea' termasuk dalam produk yang memiliki tingkat persaingan susah. Namun tetap ada kemungkinan untuk Anda dapat me-rangking-nya meskipun butuh waktu yang lama.
Tempat Promosi
Dalam dunia internet marketing, memilih tempat promosi yang tepat sudah menjadi sebuah kewajiban, ibaratnya Anda tidak mungkin menawarkan produk seharga miliaran rupiah (mobil mewah misalnya) kepada orang-orang di pedasaan, yang notabenya memiliki gaji kurang dari 10 juta per bulan.
Jadi wajib hukumnya untuk para internet marketers mengetahui dimana mereka harus promosi. Dan, untuk Anda yang masih bingung dimana harus berpromsi, daftar situs dibawah ini saya harap bisa menjadi solusi.
0 komentar:
Post a Comment